Saturday, January 2, 2016

Cara Optimasi Artikel Blog, SEO Onpage Posting Blog, cara meningkatkan trafic blog,


Cara Optimasi Artikel Blog, SEO Onpage Posting Blog

Cara Optimasi Artikel Blog – Optimasi artikel posting sebuah blog atau sering disebut juga SEO (Search Engine Optimization) Onpage, merupakan teknik yang digunakan untuk memaksimalkan sebuah artikel blog agar bisa nomor satu di SERP (Search Engine Result Page). Apapun jenis optimasi yang dilakukan pada sebuah blog tentu saja tujuan utamanya satu, yaitu untuk mendatangkan trafik yang tinggi atau menjadi blog yang populer. Berikut ini saya coba share mengenai cara optimasi artikel posting sebuah blog yang bisa anda coba.

Cara Optimasi Artikel Blog
Riset Kata Kunci

Akan ada banyak sekali ide judul artikel yang bisa dibuat pada satu niche/tema sebuah blog, namun sebenarnya kita tidak boleh sembarangan menentukan judul artikel posting. Kata dalam judul posting pasti mengandung keyword atau kata kunci yang ditargetkan, disusul dengan keyword optional untuk kemudian dirangkai menjadi satu judul artikel yang solid. Idealnya keyword yang kita bidik merupakan keyword yang populer namun memiliki persaingan yang rendah atau menengah. Contoh, banyak sekali blog yang memposting artikel mengenai daftar blog dofollow terbaru, namun untuk cara mencari blog dofollow di Google itu sendiri belum banyak yang memposting cara tersebut. Meskipun tidak mudah mencari celah seperti contoh diatas, namun ini merupakan cara optimasi artikel blog yang paling utama. Untuk membantu anda dalam riset keyword coba gunakan Google Planner dan Ubersuggest.



Peletakan Kata Kunci

Cara optimasi artikel blog selanjutnya adalah peletakkan kata kunci. Kata kunci tidak hanya diletakkan di awal dan akhir artikel saja, namun hendaknya ada disetiap paragraf, judul, subjudul dan keterangan gambar. Namun kita tetap harus bisa menyajikan struktur kalimat yang enak dibaca dan tidak terkesan menekankan/memaksakan pada kata kunci. Tidak semua kata kunci di dalam artikel harus di Bold (tebal) dan Italic (miring), namun baiknya kata kunci di awal dan akhir artikel saja agar lebih sedap dipandang.

Jumlah Kata Artikel

Berbicara mengenai jumlah kata yang ideal pada sebuah posting blog, banyak yang menyarankan 300 kata. Namun saya pribadi berpendapat 500 – 600 kata itu cukup ideal untuk sebuah artikel dengan pembahasan yang padat dan jelas. Namun jika memang harus membuat artikel yang panjang hingga ribuan kata itu tidak jadi masalah, tapi saya pribadi berpendapat artikel yang padat dan jelas lebih disukai pembaca blog. Blog dengan jumlah kata yang sedikit akan dianggap sebagai blog yang low content oleh search engine, tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada blog kita bukan?

Custom Permalink

Permalink atau link/url dari posting blog, harus di buat sedemikan rupa sehingga kata kunci yang dibidik bisa masuk di dalamnya. Search engine tidak hanya menyaring kata di dalam artikel saja, namun juga kata di link/url dan atribut gambar. Dengan memasukan keyword di permalink maka akan menambah jumlah keyword pada sebuah artikel blog.

Optimasi Gambar

Meskipun tidak wajib memasukan gambar dalam sebuah artikel posting blog, namun tidak ada salahnya untuk melakukannya. Gambar pada sebuah blog turut mempunyai andil juga untuk optimasi artikel posting blog itu sendiri, bagaimana caranya?

Keyword harus ada di nama file sebelum di unggah
Masukan keyword di Alt dan Title Tag Gambar
Ukuran pixel gambar tidak terlalu besar
Gambar bersifat umum dan tidak pribadi atau menyinggung pihak lain
Mengapa hal ini perlu di lakukan? Sebagian besar orang berpendapat bahwa search engine tidak bisa membaca gambar, dengan memberi atribut gambar maka menjadikan search engine dapat membaca gambar. Maka dari itu keyword harus ada di atribut gambar sehingga keyword juga bisa tersaring di Image SERP.

Optimasi Lain

Minimal dalam sebuah artikel posting blog ada Judul dan Subjudul
Tautkan Video yang relevan
Gunakan Internal Link artikel lain yang relevan
Gunakan Meta Description untuk keyword kedua (156 karakter)
Judul artikel posting tidak lebih dari 8 kata, karena search engine terbatas untuk menampilkan kata yang terlalu panjang di SERP sehingga akan terputus. Jika tidak memungkinkan dan harus menggunakan judul artikel yang panjang, maka pastikan keyword ada di kata paling depan pada judul artikel posting.
Gunakan Label atau Tag
Kompres ukuran gambar agar tidak terlalu besar karena akan memberatkan loading halaman artikel blog, idealnya adalah dibawah 100 KB
Artikel unik dan original
Apakah Cara Optimasi Artikel Blog di Atas Menjamin Artikel Saya Bisa Nomor Satu di SERP?
Tentu Saja Tidak Menjamin 100%, Mengapa?
Karena kita tidak sendiri, kita bersama blog-blog lain yang bisa saja merupakan kompetitor dari artikel di blog kita yang mungkin memiliki teknik atau cara optimasi artikel blog yang lebih baik atau mungkin jauh lebih baik dari optimasi yang kita terapkan. Jika tidak bisa nomor satu di SERP, dengan menerapkan beberapa cara optimasi artikel blog diatas paling tidak artikel posting blog kita tidak tenggelam berada di paling dasar SERP dalam persaingan dengan blog lain.

Optimasi atau teknik SEO sebuah blog tidak akan ada habisnya untuk di pelajari. Saya, atau mungkin anda bisa jadi tidak terlalu paham dan ahli tentang bagaimana SEO itu. Namun setidaknya kita bisa menguasai teknik/cara optimasi artikel blog yang paling dasar dan simpel. Dunia blogging menurut saya sangat menarik untuk di pelajari, selalu ada hal baru, permasalahan baru, pertanyaan baru yang menjadikan kita berusaha untuk menemukan jawaban tentang bagaimana dan apa yang harus kita lakukan.

tags cara optimalisasi blog artikel, cara menigkatkan trafic blog, cara seo onpage posting blog, cara membuat blog, agar pengunjung ramai, cara meramaikan suatu blog, tutorial pembuatan blog, cara mendapatkan penghasilan dari blog, cara mendaftarkan blog kita ke google adsense, cara membuat blog sendiri, cara membuat blog di hp, cara membuat blog di google, cara membuat blog di blogspot, cara membuat blog di blogger, cara membuat blog gratis,